-->

3 Cerita Motivasi Tentang Kekayaan

Artikel ini membahas salah satu cara kaya dan menyikapi hasil kekayaan tersebut sehingga berimbang.

Cerita Motivasi Tentang Kekayaan

Kekayaan, sebuah kata yang sering kali memicu beragam emosi dan harapan. Bagi beberapa orang, kekayaan adalah tujuan utama dalam hidup, sedangkan bagi yang lain, itu mungkin hanya sekadar mimpi jauh di luar jangkauan. Namun, apakah kekayaan sejati hanya sebatas harta benda?

Di bawah ini kami sajikan beberapa cerita inspiratif yang berkaitan dengan kekayaan sehingga kita dapat mengambil hikmah dibalik masing-masing kisah.

Mari kita mulai.


Cerita Motivasi Tentang Kekayaan

Kisah-kisah di bawah ini kami kumpulkan dari beberapa sumber yang menurut kami bisa membuka pikiran kita tentang bagaimana cara agar kaya dan menyikapi kekayaan hasil dari upaya tersebut.


Cara Agar Kaya

Pada tahun 1990 Chine membangun rumah dengan N20 juta naira. Ditahun yang sama Jim Ovia memulai Zenith Bank dengan jumlah yang sama.

Hari ini, kau dan aku tidak punya kamar di rumah Chine tetapi aku punya rekening di bank Jim dan mungkin kau juga punya.

Rumah Chine dibangun di lju Lagos dan tetap ada di sana sampai saat ini. Bank Jim dimulai di pojok dan sekarang memiliki lebih dari 500 cabang di Nigeria, dan banyak cabang internasional. Jutaan demi jutaan transaksi bisnis di bank Jim setiap hari.

Rumah Chine semakin usang, di tahun 2015, dia Mengeluarkan uang lebih banyak untuk merenovasi rumah dan membeli mobil dengan N10 juta, tambahan liabilitas, sementara di tahun 2015 yang sama, bank Jim Mengambil keuntungan sebesar N105,7 miliar. Bank Zenith mempekerjakan ratusan ribu, dan memberi makan keluarga mereka.


Kisah Motivasi


Inilah perbedaan antara Aset dan Tanggung Jawab. Jika Anda membeli mobil seharga N20 juta hari ini, dalam waktu 20 tahun, Anda akan malu untuk mengemudikannya.

Di sisi lain, jika Anda menginvestasikan jumlah yang sama dalam bisnis yang menguntungkan atau dalam aset, itu mungkin bernilai miliaran dalam 20 tahun. 

Jim Ovia sekarang bernilai $980 juta dollar, dengan tingkat dollar resmi N320, itu artinya dia bernilai N313 Miliar Naira karena investasi N20 juta.

Habiskan sedikit uang yang Anda miliki hari ini dengan bijak. Beberapa orang mengendarai mobil mahal saat ini, tidak menyadari bahwa mereka mengendarai masa depan mereka dan masa depan anak-anak mereka.

Beberapa orang membawa iphone 7 hari ini, mungkin tidak menyadari bahwa mereka membawa masa depan mereka.

Ketika Anda muda, jangan menghabiskan uang. Berinvestasilah.

Setiap sen di tanganmu seperti benih, kau bisa memutuskan untuk memakannya, atau menaburnya. Ketika Anda menabur, ia akan menghasilkan lebih banyak benih di kemudian hari.


Kekayaan Orang Miskin

Ramchand dan Premchand adalah tetangga. Ramchand adalah petani miskin. Premchand adalah seorang tuan tanah.

Ramchand dulunya sangat santai dan bahagia. Dia tidak pernah repot-repot menutup pintu dan jendela rumahnya dimalam hari. Tidurnya nyenyak. Meskipun dia tidak punya uang dia tetap damai.

Premchand dulu selalu sangat tegang. Dia sangat ingin menutup pintu dan jendela rumahnya di malam hari. Dia tidak bisa tidur nyenyak. Dia selalu terganggu bahwa seseorang mungkin membuka brankas dan mencuri uangnya. Dia iri dengan Ramchand yang damai.

Suatu hari, Premchand menelepon Ramchand dan memberinya sekotak penuh uang sambil berkata, "Lihat temanku. Aku diberkati dengan kekayaan yang banyak. Aku melihat kamu dalam kemiskinan. Jadi, ambil uang ini dan hiduplah dalam kemakmuran".

Ramchand sangat bahagia. Dia gembira sepanjang hari. Malam telah tiba. Ramchand pergi tidur seperti biasa. Tapi, hari ini, dia tidak bisa tidur. Dia pergi dan menutup pintu dan jendela. Dia masih belum bisa tidur. Dia mulai terus melihat kotak uang tunai. Sepanjang malam dia terganggu.

Begitu hari terang, Ramchand membawa kotak uang tunai itu ke Premchand. Dia memberikan kotak tersebut kepada Premchand dan berkata, "Teman tersayang, aku miskin. Tapi, uang kamu mengambil kedamaian dari saya. Tolong bersabar denganku dan ambil kembali uangmu".

Uang tidak bisa mendapatkan segalanya. Belajarlah untuk merasa puas dengan apa yang kamu miliki dan kamu akan selalu bahagia.


Cerita motivasi


Ketergantungan

Seekor tikus diletakkan di atas sebuah botol yang diisi dengan biji-bijian. Dia begitu senang menemukan begitu banyak makanan di sekitarnya sehingga tidak lagi ia merasa perlu untuk berlari-lari mencari makanan dan sekarang ia bisa hidup dengan bahagia.

Setelah beberapa hari menikmati bij-bijian, ia sudah mencapai dasar toples. Sekarang dia terjebak dan dia tidak bisa keluar dari sana.

Sekarang, dia harus bergantung sepenuhnya pada seseorang utuk memasukkan biji-bijjan ke dalam botol yang sama agar dia bisa bertahan hidup. Dia juga mungkin tidak mendapatkan butiran pilihannya dan dia juga tidak bisa memilih.

Berikut adalah beberapa pelajaran yang bisa dipelajari dari cerita ini:

  1. Kesenangan jangka pendek dapat menyebabkan jebakan jangka panjang (hidup di atas manfaat / kepanjangan / dimanjakan oleh orang tua).
  2. Jika hal-hal datang dengan mudah dan Anda merasa nyaman, Anda terjebak dalam ketergantungan.
  3. Ketika Anda tidak menggunakan keahlian, Anda akan kehilangan lebih banyak dari keahlian yang dimiliki. Anda juga kehilangan Pilihan dan Kebebasan.
  4. Kebebasan tidak datang dengan mudah tetapi bisa hilang dengan sangat cepat tidak ada yang datang dengan mudah dalam hidup dan jika datang dengan mudah, mungkin itu tidak berharga.

Pikirkan tentang ini dan semoga hari kalian menyenangkan


Demikian bahasan Cerita Motivasi Tentang Kekayaan ini kami suguhkan bagi anda pengunjung setia blog ini. 

Silahkan dibuka-buka lagi artikel yang lainnya di blog ini jika ingin mendapatkan lebih banyak pelajaran yang bermanfaat. Dan dilain waktu, semoga anda bisa datang berkunjung lagi untuk bertemu dengan bahasan kami yang lainnya. Salam hangat.
LihatTutupKomentar