-->

Cara Mancing Ikan Kakap Putih Baramundi

Panduan lengkap memancing ikan kakap baramundi di perairan muara dan tambak

Apakah Anda tertarik untuk memancing ikan Kakap Baramundi? Dalam artikel ini, kami akan memandu mancing mania langkah demi langkah dalam cara yang efektif untuk menangkap ikan yang sangat populer tarikannya ini. 

Dapatkan tips berharga dan teknik yang dapat meningkatkan peluang kesuksesan kita dalam memancing ikan Kakap Putih alias Baramundi yang menantang.

Apa saja tips dan trik Cara Mancing Ikan Kakap Putih alias Baramundi? Yuk ah kita mulai.


Cara Mancing Ikan Kakap Putih Baramundi

Agar sukses ketika menangkap ikan kakap putih, pertama yang harus kita ketahui adalah dimana sarang dan tempat kakap putih banyak dijumpai seperti guguran bebatuan, pohon rubuh, patok-patok bambu dan palung di dasar sungai atau muara. Kedalaman air minimal 1,5 meter ke atas. 

Berikut 4 teknik dasar mancing kakap putih yang dapat kita gunakan.


Teknik Koncer

Teknik ini mudah dilakukan karena umpan tinggal dilemparkan saja dan joran ditancapkan di pinggir tanggul, kita tinggal menunggu ikan memakan umpan.

Rangkaian pancing tunggal. Kail diikat pada leader 60 lbs - 100 lbs. Panjang leader 30 cm - 50 cm. Bisa juga leader diikatkan ke kili-kili. Teknik ngoncer sering juga dilakukan dengan aktif, joran selalu dipegang dan kenur ditarik ulur perlahan-lahan agar udang putih hidup selalu aktif berenang menyelam. Hingga ikan terangsang untuk memakan umpan. 

Hanya memang teknik ini dilakukan harus dengan latihan rutin agar bisa merasakan gerakan larinya udang / umpan hidup tersebut, dan dengan insting yang kuat. 

Biasanya teknik ngoncer kail dikaitkan pada ekor udang putih hidup. Saat umpan dimakan ikan maka kita mesti memberi efek backdrop (mengulur kenur 3- 5 meter), baru joran disentak saat kenur sudah menegang. 

Saat joran ditancapkan pada tanggul, kenur harus dijepit dengan karet di dekat gagang joran dan kenur serta diberi cadangan agar terulur 3- 5 meter. 


Ikan kakap putih baramundi


Teknik Ngelicir / Gantung 

Teknik ini biasanya joran selalu aktif dipegang sambil kenur dimainkan perlahan-lahan. Sekali-kali joran bisa saja diletakkan pasif dan umpan tetap tergantung minimal 60 % pada kedalaman air. 

Teknik ini lebih efektif bila memancing di spot bebatuan, rumpon, patok bambu, rumpon pohon tumbang dan terjangkau joran jaraknya. 

Kail dikaitkan pada tanduk kepala umpan udang putih hidup (bisa diikat dengan benang). Saat umpan dimakan ikan maka joran hanya di turunkan 30 cm ke bawah dan langsung disentak, agar ikan tidak masuk ke rumpon. Biasanya dengan teknik ini, kail akan menancap di mulut ikan tidak sampai tertelan masuk ke perut ikan. 


Teknik Pelampung

Teknik lainnya adalah dengan cara memakai pelampung (bisa di buat dari gabus / stryrofoam dan sejenisnya). Teknik pakai pelampung biasa dilakukan di spot rumpon yang tidak terjangkau oleh joran.

Cara pemasangan umpan dan cara menyentak joran sama dengan teknik gantung. Hanya teknik ini bisa di lihat mata saat umpan dimakan ikan, pelampung akan langsung masuk ke dalam air. Jadi diperlukan konsentrasi yang ektra untuk melihat pelampung dan reflek menyentak joran. 


Teknik Jegger

Tehnik lainnya adalah dengan cara jegger / tenggar. Biasanya teknik ini memakai umpan berupa ikan hidup (anak belanak ukuran 5 - 10 cm, ikan Gabus, Mujair, anak bBandeng, Boso dan lainnya). 

Teknik ini biasa dilakukan pada malam hari. Umpan digantung 15 - 30 cm dalamnya dari permukaan air. Di atas leader diberi timah bolong yang cukup besar. 

Tempatkan umpan di pinggir bebatuan, rumpon atau tepi sungai. Tancapkan joran yang kuat di tepi sungai dan kenur dijepit pada gagang joran dengan diberi uluran cadangan 5 - 8 meter. 

   

Memancing Baramundi di Tambak.

Kolam Baramundi di tambak terbagi 2 macam :

1. Kolam Kiloan.

Biasanya ikan Kakap Putih di kolam ini ukurannya besar-besar, minimal 1 Kg-an keatas dan sangat potensial untuk dicasting.

2. Kolam Harian.

Untuk kolam harian terbagi 2 macam yaitu baramundi yang sengaja dipelihara dari bibit dan baramundi liar alias masuk sendiri saat pintu air dibuka pada malam hari. Untuk kolam ini berdasarkan yang saya alami agak sulit dicasting dan lebih mudah dengan teknik pelampung.

Ukuran baramundi untuk pelihara dari bibit paling besar 3 0ns - 1 Kg-an tetapi kalau yang pembohong bisa mencapai 1 Kg - ke atas apalagi jika kolam itu tidak pernah dikuras/dikeringkan.


Teknik mancing di Tambak : 

  • Pendam/Cebluk
  • Pelampungan
  • Casting.


Rangkaian pelampung: 

Mata kail - leader - kili-kili - main line (stopper - timah - stopper - pelampung busa - stopper).


Spot Potensial di Palud/Tambak :

  1. Pintu air Tambak.
  2. Patok kayu di pinggiran pintu air.
  3. Patok kayu di tengah tambak.
  4. Jembatan di sekitaran pintu air atau di sela-sela kayu jembatan.
  5. Patok bambu penahan kotoran/sampah.
  6. Akar pohon atau pohon tumbang.


Kondisi Air yang Potensial

Saat air masuk perlahan-lahan, air tidak terlalu jernih alias agak kotor dan cuaca panas sangat potensial kita mancing di sekitar pintu air karena kakap putih yang tadi sembunyi atau berada jauh akan mendekati pintu air untuk mencari makan dan bermanuver ria dengan rekannya.


Teknik Strike Pelampungan

Mata kail dikaitkan di ekor, umpan digantung 1/2 atau 1/3 dari kedalaman air dan biarkan udang bergerak bebas tapi sesekali diangkat lalu tenggelamkan kembali untuk memikat baramundi. 

Jika pelampung tenggelam jangan langsung digentak usahakan beri jeda waktu biasanya saya menghitung 1..2..3..4..atau 5 lalu gentak karena jika pelampung baru tenggelam langsung digentak posisi udang belum dikunyah dan biasanya kalau langsung kita gentak tidak hookup dan udang masih utuh cuma tidak bergerak lagi alias pingsan.


Cara makan kakap kecil/sedang dengan yang besar/jumbo berbeda:

  • Baramundi kecil biasanya nyambar umpan, diam lalu kadang-kadang lari.
  • Baramundi besar/jumbo biasanya nyambar umpan sambil lari.

Makanya saya sarankan untuk setingan drag jangan dikunci mati tapi juga jangan terlalu dilepas/ringan. Stel agak berat tapi benang masih bisa terulur jika umpan dibawa lari ikan, enaknya mancing baramundi terkadang hookup sendiri tidak perlu digentak jika syarat-sarat di atas sudah terpenuhi. 

Tapi dari semua itu yang paling penting adalah jangan lupa untuk mematok reel dengan kayu agar saat umpan dibawa lari ikan, arsenal pancing tidak ikut terbawa alias tercebur ke palud/tambak.

Hal ini sering saya lihat untuk pemancing pemula yang menyepelekan jika memancing menggunakan umpan udang mati atau hidup.


Arsenal Pancing yang Digunakan:

  1. Spinning Reel ukuran spool 3000 sampai dengan 5000.
  2. Rod 10 lbs - 20 lbs dengan panjang 165 cm - 210, tapi saya lebih memilih 180 cm dan 2 section/patah 2 tidak terlalu panjang maupun pendek.
  3. Jalur utama 10 lbs - 20 lbs atau diameter 0,30 mm - 0,40 mm.
  4. Leader 20 lbs - 40 lbs atau diameter 0,40 mm - 0,60 mm.
  5. Kili-kili 20 pon - 40 pon.
  6. Timah sesuai yang diinginkan.
  7. Pelampung busa sesuai yang diinginkan.
  8. Stoper secukupnya.

Demikian bahasan Cara Mancing Ikan Kakap Putih Baramundi ini kami hadirkan untuk anda para mancing mania.

Semoga isi dari artikel ini yang bersumber dari pak Rudi dan om Koem bisa bermanfaat bagi anda dan menambah ilmu mancing yang dapat dipraktekan. Salam strike.

LihatTutupKomentar