-->

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Menarik

Ingin mudah diterima kerja di suatu perusahaan? Ikuti Tips Cara Membuat Surat Membuat Lamaran Kerja yang baik disertai contohnya dalam artikel ini.

Dalam mencari pekerjaan, surat lamaran kerja adalah kartu as kita. Selain menyampaikan minat dan kualifikasi, surat lamaran juga merupakan langkah pertama untuk membuat kesan positif kepada perekrut. 

Untuk itu, mari kita jelajahi bersama bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan mampu menarik perhatian seorang manajer personalia suatu perusahaan.

Kita mulai.


Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik

Struktur Surat Lamaran Kerja yang Baik

Surat lamaran yang dipasangkan dengan curriculum vitae (CV) atau resume yang ditulis dengan baik akan membantu kita mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. 

Oleh karena itu kita mesti mengetahui struktur surat lamaran kerja yang baik agar mempermudah pihak HRD membaca maksud tujuan kita mengirimkan lamaran tersebut.

Struktur Surat Lamaran Kerja yang baik adalah sebagai berikut:

1. Mulailah dengan Salam yang Ramah

Salam adalah awal dari surat lamaran kita. Gunakan salam yang ramah, yang umum digunakan di kita adalah "Dengan Hormat".

Agar lebih profesional kita bisa menyapa nama manajer personalia/ perekrutan yang bersangkutan, tentunya kita mesti mengetahui hal ini dengan mencari informasi yang mendalam tentang perusahaan tersebut.

Menyapa nama manajer personalia akan memberikan suatu perasaan akrab dan merasa diakui bagi bagian HRD yang menerimanya. Dan tentunya memberikan kesan yang positif bagi kita.

Hal ini membuat kita selangkah lebih maju dibandingkan kandidat pelamar lainnya. 

2. Jelaskan Posisi yang Kita Lamar

Di awal surat, jelaskan posisi yang kita lamar dengan jelas. Sebutkan posisi dan kode iklan pekerjaan (jika ada), serta sumber informasi lowongan tersebut, misalnya dari situs jobstreet atau jobsdb.com.

3. Ceritakan Tentang Diri Kita

Berikan gambaran singkat mengenai latar belakang kita. Tetapi, jangan terlalu panjang lebar. Sampaikan pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian yang relevan dengan posisi yang kita lamar.

4. Tampilkan Minat Kita

Sampaikan dengan jelas mengapa kita tertarik pada posisi yang dilamar dan ingin bekerja di perusahaan tersebut. Jelaskan bagaimana kita melihat diri kita mampu berkontribusi dan berkembang di lingkungan kerja tersebut.

5. Sorot Prestasi dan Keahlian

Sebagai bukti kemampuan kita, soroti prestasi yang relevan dengan posisi yang dilamar. Gunakan angka dan data konkret untuk mendukung pernyataan tersebut. Ini akan menarik perhatian perekrut dan membuktikan bagaimana kualitas kemampuan kita.

6. Tonjolkan Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi yang baik penting dalam hampir semua pekerjaan. Menulis surat lamaran yang jelas, ringkas, dan meyakinkan dapat menjadi bukti kemampuan ini.

7. Akhiri dengan Harapan

Sebelum menutup surat, sampaikan harapan kita untuk dapat berbicara lebih lanjut dalam wawancara. Berikan informasi kontak yang mudah dijangkau.

8. Penutup yang Hangat

Tanda tangan kita adalah penutup surat. Gunakan tanda tangan yang profesional seperti "Hormat saya," diikuti nama kita.

Dengan menggabungkan kedekatan dan kejelasan dalam bahasa, serta pengoptimalan penjelasan tentang kemampuan yang kita miliki, surat lamaran akan menjadi alat yang kuat untuk menarik perhatian perekrut. 

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik


Contoh Surat Lamaran Kerja

1. Surat Lamaran Kerja Umum

Surat lamaran ini umum bagi semua lulusan, baik untuk SMK, SMA atau lulusan S1. Berikut contoh surat lamaran kerja yang umum digunakan namun dengan penerapan struktur di atas.

[Kota], Tanggal]

Kepada Yth.
Manajer Personalia [HRD]
[Nama Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]
[No. Telepon Perusahaan]
Perihal: Lamaran Pekerjaan [Nama Lowongan], [Nama Perusahaan/pabrik] jika tidak ada lowongan yang diumumkan.


Yth. [Nama Penerima], jika tidak ada, gunakan [Dengan Hormat],

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: [Nama Anda]

Alamat: [alamat anda]

Email: [email anda]

Pendidikan terakhir: [gelar lulusan]

Dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan/pabrik], sesuai dengan informasi yang saya peroleh dari [sebutkan sumbernya]. Saya sangat berminat untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan] dan berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan.

Saya merupakan lulusan dari [Nama SMK] jurusan [Jurusan] dan telah memperoleh pengetahuan serta keterampilan yang relevan dengan posisi yang diinginkan. Selama di sekolah, saya telah terlibat dalam berbagai proyek dan kegiatan ekstrakurikuler yang melatih kemampuan komunikasi, kerja sama tim, serta pemecahan masalah.

Selain itu, saya memiliki pengalaman Praktik Kerja Lapangan / [Magang] di [Perusahaan / Instansi] selama [Jangka Waktu] yang membantu saya memahami lebih dalam tentang lingkungan kerja dan tuntutan pekerjaan. Saya memiliki keahlian dalam [sebutkan beberapa keahlian yang relevan], serta mampu mengoperasikan berbagai perangkat lunak yang diperlukan.

Saya sangat antusias untuk belajar dan beradaptasi dengan cepat di lingkungan baru, serta siap untuk bekerja keras demi mencapai hasil terbaik. Saya percaya bahwa [Nama Perusahaan] adalah tempat yang tepat bagi saya untuk mengembangkan karier saya dan berkontribusi secara positif.

Saya sangat senang bila diberikan kesempatan untuk mengikuti proses seleksi lebih lanjut. Terlampir, saya sertakan CV dan dokumen pendukung lainnya. Bila perlu informasi lebih lanjut, saya dapat dihubungi melalui [No. Telepon] atau [Alamat Email].

Atas perhatian dan kesempatan ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Tanda Tangan (jika mengirimkan versi cetak)]

[Nama Anda]

Lampiran:
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Dokumen pendukung lainnya (sertifikat, surat referensi, dll.)

Untuk membuat surat lamaran yang ringkas dan umum digunakan anda bisa membuatnya di Program Pembuat Surat Lamaran Kerja Online.

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Bagi anda yang berprofesi atau lulusan dari institusi keguruan, dapat menggunakan format lamaran berikut. Atau bisa mengikuti format lamaran seperti contoh di atas dengan sedikit penyesuaian.

[Kota], [Tanggal]
[Nama lengkap]
[Alamat lengkap Anda]
[No. Telepon]
[Alamat Email]


Kepada:
[Kepala Sekolah / Yayasan / Nama Penerima]
[Nama Sekolah / Institusi]
[Alamat Sekolah]
[No. Telepon Sekolah]
Perihal: Surat Lamaran Pekerjaan sebagai Guru


Yth. [Nama Penerima],

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi Guru di [Nama Sekolah / Institusi]. Saya sangat tertarik untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan di [Nama Sekolah / Institusi] dan berbagi pengetahuan serta keterampilan kepada para siswa.

Saya memiliki latar belakang pendidikan dengan gelar [Gelar Akademik] dari [Nama Universitas] dalam bidang [Bidang Pendidikan / Mata Pelajaran]. Selama studi saya, saya memiliki pengalaman dalam [sebutkan pengalaman terkait pendidikan atau penelitian]. Selain itu, saya telah menghadiri berbagai pelatihan dan seminar untuk terus mengembangkan diri dalam bidang pendidikan.

Selama [Jangka Waktu], saya telah bekerja sebagai [Posisi Terakhir Anda] di [Nama Sekolah / Institusi], di mana saya mengajar mata pelajaran [Mata Pelajaran] kepada [Jenjang Kelas]. Saya percaya bahwa pendekatan interaktif dan kolaboratif dalam mengajar mampu membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik. Saya juga berusaha menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung bagi semua siswa.

Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik dalam berbicara maupun menulis. Saya senang bekerja dalam tim, berkolaborasi dengan rekan guru, orangtua, dan siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal.

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan tim [Nama Sekolah / Institusi] dan memberikan kontribusi positif. Saya meyakini bahwa pendidikan memiliki peran kunci dalam membentuk masa depan generasi muda, dan saya berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi siswa.

Saya sangat berharap untuk diberikan kesempatan untuk berbicara lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat berkontribusi di [Nama Sekolah / Institusi]. Saya dapat dihubungi melalui [No. Telepon] atau [Alamat Email] untuk informasi lebih lanjut.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. Saya berharap dapat berkolaborasi dengan [Nama Sekolah / Institusi] dalam memajukan pendidikan.

Hormat saya,

[Tanda Tangan (jika mengirimkan versi cetak)]

[Nama Anda]

Lampiran:
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Dokumen pendukung lainnya (sertifikat, surat referensi, dll.)

Baca juga: 25 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja

Demikian bahasan Cara Membuat Lamaran Kerja yang Baik beserta contohnya ini. Pembaca bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan dan gaya anda sendiri. Selamat mencoba, semoga sukses.

LihatTutupKomentar