-->

Dongeng Kerajaan Maju dan Kerajaan Miskin.

Dongeng kerajaan maju dan Kerajaan miskin. Bercerita tanggapan rakyat tentang Infrastruktur jalan. Semoga menjadi Cerita inspiratif dan motivasi.

Dongeng Kerajaan Maju dan Kerajaan Miskin.

Ada dua kerajaan besar yang bertetangga. Kedua kerajaan ini mempunyai banyak kesamaan, diantaranya mengenai ras dan sumber daya alam.

Namun jika melihat sifat rakyatnya, kedua kerajaan ini sangat bertolak belakang. Nama kerajaan itu adalah Kerajaan Imut-imut dan Kerajaan Unyu-unyu.

Mari kita simak ceritanya.

Kerajaan Unyu-Unyu.

Suatu waktu, Sang Raja bermaksud membangun jalan dengan harapan rakyatnya senang. Tidak tersandung lubang, lancar sampai tujuan. Semua akan merasa bahagia karenanya.

Namun rakyat kerajaan protes, "Kami tidak butuh jalan, kami butuh makan". Tolak mereka.

Demi mendengar keluhan rakyat Sang Raja perihatin dan membatalkan rencana pembangunan jalan. Dan biaya pembangunan tersebut akhirnya dialihkan untuk memberi makan rakyat.

negeri di awan

Beberapa waktu kemudian, terjadi banyak kecelakaan, banyak orang mengeluh karena terhambat di jalan. Dan banyak masalah-masalah lain yang timbul berhubungan dengan urusan jalan yang rusak.

Rakyatpun mengajukan protes, "Gara-gara Raja kami jadi begini".

Raja bingung sendiri dengan kelakuan rakyatnya. Mau bilang "Kalian linglung?" Tidak tega. Mau bilang "Kamu maunya apa?" takut dibilang "Masa raja tidak tahu apa maunya kami".

Karena kebingungan ini, kerajaan tersebut tidak maju-maju sampai sekarang.

Sekarang mari kita beralih ke Dongeng kerajaan sebelah. Bagaimana sikap rakyatnya, mari kita simak sama-sama.

Kerajaan Imut-Imut.

Sang Raja sangat sayang terhadap rakyatnya. Tiap hari dia memberikan jatah makanan. Sampai berhutang sana sini. Tak perduli bahwa hutang sudah mulai mencekik.

Ternyata rakyatnya protes, "Kami tidak butuh ikan, kami butuh kailnya. Kalau disuapin terus, kapan kami mandiri. Stop memberi kami makan setiap hari!".

Rajapun mendengarkan aspirasi rakyat tersebut. Beliau membangun jalan agar ekonomi rakyatnya lancar. Tujuannya adalah agar ikan dari laut cepat sampai gunung. Sayur dari gunung cepat tiba di laut.

Hasilnya rakyat bisa makan tanpa perlu diberi oleh pihak kerajaan. Mereka mandiri.
Raja tidak bingung, rakyatnya senang, oleh karenanya Kerajaanpun maju dengan pesat.

Tulisan sebelumnya: Ketemu Hantu Saat Ngobor Belut

Demikian cerita tentang Dongeng Kerajaan Maju dan Kerajaan Miskin. Semoga menghibur dan ada ilmu yang bisa diambil manfaatnya. Salam hangat.
LihatTutupKomentar