-->

Strategi Juara Lomba Mancing

Ingin menjadi juara lomba mancing khususnya ikan mas? Panduan ini mengulas semua tips dan triknya secara lengkap. Baik sebelum atau saat kompetisi.
Strategi Juara Lomba Mancing. Panduan ini sebetulnya ditujukan untuk kompetisi di kolam dengan target ikan Mas.

Namun tips dan trik yang tersedia bisa diaplikasikan pada lomba mancing ikan lainnya.

Yang terpenting adalah mengambil pelajaran-pelajaran yang bisa diterapkan pada tempat dan kegiatan yang berbeda.

Tulisan bagus ini ditulis oleh bapak Bram dan om Myro di fishyforum. Bahasannya lengkap dan terperinci. Yuk kita simak.


Strategi Juara Lomba Mancing

Sebenarnya mungkin ulasan-ulasan ini sering ditulis oleh kawan-kawan dan suhu-suhu mancing di sini tapi tidak ada salahnya saya buat kembali untuk mengingatkan dan memberikan pencerahan.

Kegiatan di bawah ini memang sangat berpengaruh saat kita ikutan lomba atau kepada umpan yang kita punya.

Terkadang kita juga merasa cuek dan tidak mau tahu kalau tindakan-tindakan di bawah ini justru membawa kita menjadi boncos dalam arena lomba!

Strategi lomba mancing

Hal-hal yang mesti kita ketahui sebelum kita terjun di arena lomba :

1. Faktor Hoki.

Faktor ini memang hanya yang di atas yang tahu dan kalau sudah didukung faktor ini kita akan selalu juara dalam setiap lomba.

2. Pengukusan Umpan. 

Menurut pakar-pakar mancing yang memang sudah menguasai jam terbang dalam tehnik mancing dan umpan, cara pengukusan umpan memang ada cara tersendiri (baru dapat resepnya sekarang).

Kadang-kadang kita tidak sadari pada diri sendiri, akibatnya sungguh fatal. Umpan menjadi basi dan ikan tidak mau makan.

Cara pengukusan yang baik menurut pakar ikan adalah bila kita mengkukus umpan mentah, masukkan umpan dalam alumunium foil dan tutup yang rapat.

Biasakan seperti itu, jika dicermati, umpan yang berada di dalam alumunium foil tidak akan kehilangan aroma serta menjaga kandungan bahan yang ada di dalamnya.

Ini bisa dibuktikan kok, dan sudah diterapkan dalam teknik pembuatan umpan. Bila umpan telah dimasukkan ke dalam alumunium foil, ditutup rapat serta dimasukan ke dalam plastik kiloan.

Jangan lupa untuk meniup plastik menjadi besar agar udara tidak masuk dan kematangan umpan dalam alumunium foil akan menjadi baik, setelah itu baru kita kukus. Silahkan dibuktikan sendiri.

3. Kondisi Tangan. 

Biasakan bila kita akan memancing, keadaan tangan kita harus streril dari bahan-bahan yang beraroma menyegat seperti minyak angin, minyak gosok dan sebagainya

Apalagi jika kita memang pecandu rok0k, biasakan benda itu selalu berada di tangan kiri. Jika perlu gunakan sarung tangan plastik.

Kalau tidak, bila kita membentuk umpan, bundar-bundar saja pakai tangan kanan yang tidak terkontaminasi oleh bahan rok0k tersebut.

Sering, kalau ada acara lomba, pemancing yang merok0k banyak menggunakan cangklong.

Usut punya usut ternyata cangklong ini berguna untuk menjaga agar tangan kita tidak terkena pengaruh tembakaunya.

Kalau kita tidak percaya diri dengan tangan kita, bila acara lomba mau dimulai, ambil air kolam dan basuh tangan kita dengan air kolam tersebut.

4. Pemilihan Bahan Dasar Umpan.

Cermati setiap bahan-bahan dasar umpan yang akan kita buat.

Kalau perlu, untuk resep yang akan kita coba, catat dan hitung terlebih dahulu berapa takarannya agar kita tidak lupa suatu saat nanti.

Usahakan bahan-bahan dasar umpan seperti ikan mas kita pergunakan dari referensi kawan-kawan kita di forum.

Jangan lupa pula untuk membaca artikel tentang ikan mas dan kegemaran ikan itu apa saja.

Yang paling penting dalam pemilihan bahan dasar untuk pembuatan umpan adalah pergunakan bahan-bahan yang memang kualitasnya baik

Seperti pemilihan keju. Keju yg beradar di supermarket bisa kita buat referensi untuk acuan bahan-bahan umpan.

Juga kualitas kroto, usahakan cari kroto yg baik dan bagus jangan sampai kroto sudah menjadi basi.

Jika kita beli sore hari dan belum mau kita olah, masuk kan frezeer es dulu baru kita olah untuk campuran umpan.

Usahakan kroto kita kukus atau dimasukkan dalam air panas agar kroto yang kita punya tidak basi.

Kalau kita menggunakan bahan tambahan seperti deho, usahakan deho yang berkualitas baik.

Jangan sungkan kita sisakan sedikit sebagai cadangan untuk acara mancing bila umpan kita mau habis.

Kalau kita menggunakan bahan tambahan yang lain, misalnya kita tidak mempergunakan deho, kita bisa pakai jenis ikan laut.

Usahakan pemilihan jenis ikan laut yang tidak terlalu menyengat aromanya atau jangan terlalu amis.

5. Kondisi Badan. 

Kesehatan mesti kita jaga, bila besok mau mancing lomba, jaga kondisi tubuh kita agar selalu fit.

6. Faktor Arsenal.

Persiapkan alat-alat arsenal anda sebelumnya bila mau lomba besok.

Usahakan bila diakhir lomba senar dibersihkan. Kemudian di rumah dibesihkan lagi dengan air yang bersih atau dilap dengan kain bersih.

Terkadang selesai mancing kita malas merapihkan arsenal dan langsung taruh di tas. Jadinya senar sering getas atau putus disaat kita mancing lagi.

Siapkan umbul-umbul pelampung, rangkaian kail dan peralatan lain, usahakan selalu tersedia dalam box peralatan mancing.

Jangan lupa bawa korang yang panjang. Bedanya korang pendek dan panjang adalah bila yang pendek, ikan akan cepat kehabisan oksigen karena korang terlalu pendek dan letaknya pun hanya berapa jengkal dari dasar empang.

Sedangkan korang panjang, ikan bisa berenang dan akan mendapatkan oksigen yang banyak.

8. Baskom dan Lap Untuk Umpan.

Usahakan baskom bawa 2 buah dari rumah. 1 buat umpan dan 1 lagi untuk cuci tangan jika tidak pakai sarung tangan.

Gunanya supaya sisa-sisa umpan yang biasa menempel di tangan tidak tercampur dengan umpan di baskom, gunakan lap tangan dan sterilkan!

9. Lain-Lain. 

Faktor dan lain-lain yang dimaksud adalah bila kita mau berangkat mancing kita mesti mandi dulu dan jangan lupa sisa sabun di tangan dibersihkan dulu.

Sampai di empang, ambil air empang, lap dan bersih-bersih dengan air empang.

Hal itu wajib, karena tangan kita bisa menyatu dengan alamnya empang (katanya sich).

Hindarkan untuk menerima, bila kawan sebelah memberi kita permen karena akan berakibat tangan kita terkontaminasi dengab bahan-bahan yang tidak disukai oleh ikan.

10. Tehnik Mancing. 

Perhatikan pumbul bila berada di tengah blower, usahakan kalau empang tidak rata dan masih ada tanahnya, pakai penyangga besi yang dibuat seperti huruf Y.

Jika dapat empang yang sudah dibeton, letakkan saja joran kita di atasnya. Biasakan dengan melihat rembesan-rembesan ikan. Dan jangan lupa berdoa sebelum memulai aksi.

Tanya dan Jawab.

1. Pengukusan umpan pakai plastik 1kiloan saja bagaimana, apakah tidak bagus/efektif?

Jawaban.
Memang saya juga sering mengkukus umpan hanya menggunakan plastik kiloan saja.

Tapi dalam kenyataannya sering dijumpai jikalau airnya asat atau habis maka plastik akan menempel dan akibatnya plastik akan menjadi bocor.

Jikalau menggunakan alumunium foil, bila plastik kita bocor, maka air yang masuk ke dalam plastik kiloan tidak akan masuk ke dalam alumunium foil yang tertutup rapat.

Maka antisipasi alumunium foil ini gunanya selain untuk membuat aroma adonan umpan tidak keluar, akan membuat umpan yang berada di dalamnya menjadi matang merata dan kita tidak perlu lagi membolak-balik umpan.

2. Penggunaan Kroto lebih baik dicampur dengan adonan terus dikukus atau kukus adonan saja, nanti biar pemakaian kroto ditutul-tutul saja waktu mulai mancing?

Jawaban.
Kroto kalau langsung dicampur dengan umpan, perlu diingat, kroto yang kita beli kualitasnya tidak selalu bagus.

Kadang-kadang kita dapat sisa kroto yang kualitasnya buruk. Antisipasi hal tersebut dengan memanaskan kroto dalam air panas selama 2 menit, baru kroto kita masukkan ke dalam adonan.

Kalau dicampurkan ke dalam umpan langsung kadang-kadang kita menjumpai umpan yang sering menjadi basi, walaupun kroto sudah dikukus bersama umpan.

3. Apa memang ada yang jual Kroto beras/super/murni, tanpa ada semut-semut hitam atau coklat dan kapsulnya?

Jawaban.
Banyak kok yang jual kroto beras / super / murni. Biasanya kalau kroto super adalah kroto pilihan yang sudah dibersihkan.

Biasanya juga kroto jenis super harganya pun relatif lebih mahal dari kroto biasa dikarenakan ampas rang-rang dan kotoran serta kapsul yang biasa kita temui di besek itu sudah tidak ada alias sudah bersih dan biasanya juga kroto super masih fresh sekali.

Kalau kita menggunakan 2 fungsi kroto untuk mancing:
  1. Untuk dicampurkan kedalam umpan 
  2. Kita sisakan untuk tutul umpan. 

Usahakan kroto kita rendam dulu ke dalam air hangat setelah sebelumnya kita bersihkan semua kotoran yg menempel di kroto itu.

*Masukkan umpan dalam alumunium foil dan tutup yang rapat!

Untuk umpan yang bahan dasar lembek atau kenyal mungkin agak mudah. Tapi bagaimana yang bahan dasarnya agak cair seperti Umpan si MaduI (agak cair karena pakai susu bantal dll) apa masih bisa pakai aluminium foil?

Kegunaan alumunium foil selain bisa mengkukus umpan padat, bisa juga dipergunakan untuk umpan yang cair.

Misalkan umpan kita buat adonannya mengandung kekentalan dan banyak menggunakan air, bentuk alumunium foil menjadi seperti gelas.

Atau pergunakan sebuah wadah pembentuk, gelas misalnya. Kemudian kita bentuk alumunium foil dengan wadah tersebut agar bisa memuat bahan cair nantinya.

Kalau tidak mau pusing, kan ada penanak / pengukus kue yang terbuat dari alumunium yang bisa kita jumpai dalam pembuatan kue atau rumah tangga.

Pengkukus moderan dengan air di bawahya dan ada penyekat alumuniumnya juga, alumunium foil bisa kita taruh di atasnya.

Baru kita tutup rapat seperti kita membuat kue yang caranya dikukus.

*Tapi jangan lupa tiup plastik menjadi besar!

Ketika umpan dimasukkan plastik dan dikukus, plastik biasanya mengembang, malah kalau plastiknya tipis kadang suka pecah.

Sehingga umpan berserakan ketika dikukus, apa ketika ketika umpan akan dikukus plastiknya ditiup dulu tidak akan tambah memuai atau plastiknya malah cepat pecah/meletus?

Cara di atas dengan menggembungkan plastik kiloan adalah agar udara tidak masuk dan jikalau kita riskan karena takut plastik kita bocor maka bisa kita doubelkan/dilapis lagi dengan plastik kiloan.

Strategi Sebelum Lomba.

Sebelum lomba terapkan strategi berikut; jika empang lomba yang bakal jadi arenanya belum pernah anda datangi.

Carilah keterangan sebanyak-banyaknya tentang:
  • Karakteristik empang, 
  • Tempat-tempat terbaik yang dapat dibuat titik (hotspot) pelemparan umpan, 
  • Kedalaman air, 
  • Warna air, 
  • Umpan yang biasa dipakai dan hal-hal lainnya yang perlu diketahui. 

Tanyakan pada teman atau pemancing lain yang pernah berlaga di sana, pada kedi atau kenek pancing yang mangkal di empang tersebut atau sekalian saja datangi (survey) lokasi mancing sebelum hari lomba.

Bila semuanya telah jelas, jadikanlah keterangan-keterangan tadi sebagai modal dasar pengetahuan agar tidak canggung lagi sewaktu lomba.

Sebagai tambahan, persiapan-persiapan yang diurai diatas tadi juga merupakan strategi sebelum lomba.

Strategi Saat Lomba

Pada saat lomba, yang menjadi strategi penting yaitu:
  • Datanglah satu jam sebelum lomba dimulai.
  • Lengkapi alat atau umpan yang belum dipunyai.
  • Siapkan peralatan pancing, periksa kembali kenur, ikatan, mata kail sekali lagi.
  • Buat umpan yang akan digunakan dan telah siap 15 menit sebelum lomba.

Setelah pengundian lapak, segera bawa semuanya ke sana.

Lempar pancing tanpa kail untuk mengukur kedalaman air. Bila diijinkan melempar bom, lemparlah umpan bom ke tempat yang potensial.

Saat tanda lomba dimulai, teruskan menebar umpan bom pada titik potensial lain. Lontarkan pancing, ke tempat yang telah diberi umpan tebaran.

Jangan ragu menarik pancing dan melemparnya lagi ke tempat tersebut. Jangan tergganggu oleh lapak tetangga yang telah lebih dulu manarik umpan.

Bila di salah satu titik, ikan mas telah makan maka teruslah untuk memancingnya di situ. Ikan rame cenderung liar, usahakan jangan melewati lapak orang lain.

Kusut atau saling terkait kenur adalah sesuatu yang wajar, mintalah maaf jika terjadi.

Pada titik potensial (hotspot) yang sudah jadi, ikan akan terus berkumpul selama umpan di dasar ada.

Titik potensial (hotspot) yang sudah jadi ditandai oleh gelembung atau coklatnya air.
Teruskan mancing di titik tersebut hingga ikan-ikannya tidak lagi menyambar umpan.

Mulailah mencari titik lain yang tadi pagi sudah ditabur umpan. Bila di semua titik jarang anda sambaran, coba perkecil bentuk umpan.

Atau coba gunakan rangkaian kail tunggal. Bila tidak juga ada sambaran, biarkan saja dan bersantailah atau makan siang dahulu.

Buang umpan pagi hari dan aduklah umpan yang baru. Lewat tengah hari kembali lontar umpan ke titik potensial pagi tadi.

Biasanya ikan akan kembali galak memakan umpan. Jangan dilupakan titik potensial yang lain, cobalah melemparnya ke sana.

Bila mendapat ikan besar, cobalah untuk tenang menghadapinya. Jangan gugup, mintalah maaf bila ikan melarikan diri ke lapak sebelah. Timbang segera ikan bila dirasakan dapat masuk nominasi.

Jangan putus asa, berusahalah terus dan jangan segan mencoba trik-trik lain.
 Bila lomba usai, kemasi peralatan dan jangan sampai tertinggal.

Bila belum berhasil jangan kecewa dengan apa yang dicapai hari ini. Pelajari apa yang jadi penyebabnya untuk kesuksesan di lain hari.

Baca juga: 11 Ramuan Jitu Ikan Mas Modal Juara.

Demikian pembahasan Strategi Juara Lomba Mancing beserta tips dan triknya ini. Semoga ilmunya bermanfaat bagi anda para pemancing. Selamat berkarya.
LihatTutupKomentar