-->

Pentingnya Tanda Terima, Anda Harus Tahu

Artikel ini membahas begitu pentingnya tanda terima dalam proses transaksi. Baik transaksi jual beli atau serah terima.
Pentingnya Tanda Terima. Banyak orang yang menganggap dokumen atau surat ini bukanlah hal yang penting. Mereka menganggap bahwa surat itu hanyalah sebuah kertas biasa.

Apakah betul jika tanda terima itu kurang penting? Setelah membaca artikel ini, pembaca pasti faham begitu sangat pentingnya tanda terima ini untuk kebaikan kita. Yuk disimak.


Pentingnya Tanda Terima yang Anda Harus Tahu.


Dalam dunia perkantoran dan bisnis tanda terima adalah salah satu elemen penting yang sering digunakan. Baik itu sebagai alat untuk serah terima barang ataupun alat untuk serah terima dokumen.

Definisi dari tanda terima adalah sebagai berikut:


Tanda terima adalah dokumen atau surat yang menyatakan atau membuktikan bahwa pihak penerima telah mendapatkan barang dari pihak pemberi.

Tanda terima dalam kenyataan sehari-hari sering diabaikan dan bahkan diabaikan kegunaannya.

Ini terjadi, karena banyak orang yang awam atau belum faham bagaimana pentingnya fungsi dan manfaat dari dokumen ini.

Pentingnya tanda terima

Meminta Tanda Terima.

Contoh kasus, pembeli handphone di konter atau di toko. Ketika selesai terjadinya proses jual beli, dimana uang sudah diserahkan dan barang sudah diterima, si pembeli tidak meminta nota pembelian.

Mungkin dalam pikiran si pembeli ini, saya tahu tokonya, saya tahu penjualnya dan kemungkinan-kemungkinan lain yang ada dalam benaknya.

Jadi, buat apa minta nota pembelian. Nanti kalau ada masalah tinggal datangin saja toko penjual, beres urusan. Buat apa tanda terima, paling nantinya bakal dibuang.

Atau kasus yang sering terjadi adalah proses memberikan utang uang atau melakukan pembayaran kepada saudara, keluarga dan teman terdekat.

Merasa bahwa mereka semua dapat dipercaya dan tidak mungkin ada masalah dikemudian hari.

Sepertinya masuk akal pikiran-pikiran itu. Namun benarkah apa yang mereka lakukan itu, mari kita lanjutkan pembahasannya.

Pentingnya Tanda Terima Diberikan.

Kita tambahkan satu contoh kasus sebagai pelengkap dari kasus-kasus di atas.

Misalnya, seorang pegawai menyerahkan dokumen seperti faktur pajak, dokumen barang ke internal departemen dan eksternal departemen tanpa menyertakan tanda terima.

Sama pola pikirnya, seperti pembeli handphone dan urusan dengan keluarga tadi yaitu merasa bahwa kita satu perusahaan, kita kenal orangnya, tidak mungkin akan menjadi masalah di kemudian hari.

Setelah melihat sedikit contoh kasus yang diberikan. Mari kita bahas apakah memang sangat penting yang namanya tanda terima itu atau tidak.

Dan jika penting, alasan-alasan apa saja yang mendasarinya. Hingga dapat menambah wawasan kita sebagai pembaca artikel ini.

Bagi orang yang mengerti atau sudah berpengalaman karena sering berkecimpung dalam bisnis, tindakan si pembeli handphone untuk tidak meminta nota pembelian adalah tindakan keliru.

Begitupun dengan si pegawai yang menyerahkan dokumen tanpa tanda terima adalah tidak baik atau kalau boleh dikatakan adalah tindakan yang salah besar.

Kenapa? Apa alasannya? Apa sih keuntungan kita meminta dan memberikan Tanda Terima ini? Mari kita bahas.

Pentingnya Tanda Terima, Mencegah Masalah yang Timbul.

Transaksi dengan Keluarga atau Teman.

Kita sering mendengar istilah "Uang tidak kenal saudara" apalagi teman. Dimana uang bisa menjadi sumber masalah yang bisa menyebabkan keretakan atau renggangnya hubungan persaudaraan.

Walau terkesan tidak etis, tapi kita harus membuat jelas urusan yang terjadi antara kita dengan keluarga atau teman dalam urusan utang dengan membuat suatu tanda terima sebagai salah satu proses serah terima.

Baik itu berupa bentuk uang atau barang yang kita anggap bisa menyebabkan suatu masalah dimasa yang akan datang.

Pentingnya Tanda Terima Transaksi Toko.

Tak selamanya barang yang kita beli itu bagus kondisinya. Ini terjadi misalnya barang masih dalam bungkus atau kemasan.

Mungkin juga barang baru diketahui ada masalah atau kerusakan ketika kita mencobanya di rumah.

Apa yang terjadi selanjutnya bisa ditebak, kita sebagai pembeli pasti complain atau melaporkan masalah ini ke si penjual untuk minta perbaikan atau minta penggantian.

Syukur-syukur, kalau si penjual masih ingat kita atau pegawai yang melayani saat itu ada di toko tersebut.

Kalau tidak ada, maka akan timbul masalah. Pasti si pegawai yang bertugas saat itu meminta nota pembelian dari barang tersebut.

Kalau hal ini terjadi, kita yang repot. Harus nunggu si pegawai yang melayani masuk lagi ke toko keesokan harinya. Itu juga kalau si pegawai masih bekerja di sana. Kalau sudah keluar?

Alamat kita yang bakal rugi. Tidak akan dilayani pengaduan masalah barang karena tidak bisa menujukkan bukti yang sah yaitu tanda terima pembelian.

Pentingnya Tanda Terima Transaksi Kantor.

Tak selamanya proses kerja itu berjalan lancar, pasti ada suatu masalah yang timbul.

Hal ini bisa terjadi karena banyaknya kesibukan, dokumen yang menumpuk atau tekanan target dari perusahaan yang harus dipenuhi. Kita harus fahami dulu hal ini.

Nah ketika menyerahkan dokumen penting semisal faktur pajak, nota pembelian dan dokumen penting lainnya bisa saja si penerima lupa bahwa dokumen tersebut sudah diterima dari kita. Dikarenakan dia sedang fokus mengurusi masalah utama yang harus cepat diselesaikan.

Jika kita tidak meminta tanda tangan si penerima dokumen di Tanda Terima, maka kita akan ikut repot nantinya walaupun kita berada di posisi yang benar.

Akan terjadi perdebatan yang tidak perlu, bahkan mungkin kita bakal ikut terseret untuk bertanggungjawab terhadap masalah yang timbul jika sampai dokumen penting tersebut hilang.

Pentingnya Tanda Terima, Kemudahan Bagi Kita.

Begitulah manfaat dari Tanda Terima bagi kita. Bisa mempermudah untuk complain kepada siapapun pegawai yang saat itu bertugas di toko, walau si pegawai yang pertama berurusan dengan kita tidak masuk kerja.

Lalu yang terburuk misalnya jika kasus permasalahan tersebut masuk ke ranah hukum, posisi kita sangat kuat karena memiliki tanda terima sebagai bukti yang menguatkan di mata hukum.

Untuk Pegawai Kantor, kita harus membuat dan memiliki tanda terima tersebut. Buatlah folder atau binder atau odner khusus untuk menyimpan tanda terima ini.

Jangan berpikir bahwa hal tersebut merepotkan, ingatlah kegunaannya untuk kita di masa mendatang.

Baca juga: Kiat Mudah Menulis

Demikian pembahasan dari begitu Pentingnya Tanda Terima bagi kita dalam terjadinya suatu transaksi baik antar internal departemen, eksternal departemen, di luar perusahaan dan transaksi jual beli yang kita lakukan dimana saja. Semoga bermanfaat. Salam hangat.
LihatTutupKomentar