-->

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Wisata

Hal-hal yang harus diperhatikan saat wisata. Memberikan tips-tips yang berguna saat akan melakukan pelesir. Semoga bermanfaat.
Anda punya rencana liburan? Jangan lupa untuk memahami Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Wisata berikut ini.>

Agar berangkatnya selamat, pulangnya bahagia. Apa saja isinya, yuk disimak bahasannya di bawah ini.


Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Wisata.

M usim liburan sudah datang. Saatnya berwisata. Senang-senang mencari udara segar dan suasana baru. Ditambah dengan pemandangan yang indah dan menarik.

Baik sendiri, bersama teman atau keluarga. Rutinitas sehari-hari butuh selingan, agar tidak bosan dan suntuk.


Pelesir itu membutuhkan rencana yang matang. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Biasakan menulis rancangan liburan. Kapan pergi, berapa hari di tempat liburan, kapan pulang. Berapa biaya. Apa saja yang perlu dibawa dan dengan siapa kita berangkat. Pasti faham donk.

Hal-hal yang harus  diperhatikan saat wisata

Nah, ketika rencana sudah dibuat demi kelancaran wisata kita maka ada banyak hal yang harus kita perhatikan.

Usahakan untuk diperhatikan dan dipatuhi. Walaupun itu urusan sepele. Terkadang yang sepele justru yang paling diperlukan ketika keadaan darurat.


1. Perkiraan Cuaca Tempat Wisata.

Mau pergi ke laut atau ke daerah pegunungan kita harus tahu ramalan cuaca di sana. Misalnya bakal hujan, berarti harus ekstra persiapan.

Kita bisa membawa perlengkapan untuk mengantisipasi hujan tersebut sebelumnya.


2. Topi.

Ini adalah hal yang mau tidak mau mesti dibawa. Apalagi jika tempat wisata kita adalah laut. Walau membuat gerah, kalau bisa jangan dilepas.

Agar kepala kita tidak berlebihan terkena panas yang menyengat. Sesekali boleh dibuka untuk memberikan udara segar. Dilepas hanya ketika berteduh.

Kembali ke Daftar Isi

3. Kaca Mata.

Wisata laut. Sinar mentari dan pasir di pantai bisa jadi masalah untuk kita. Untuk berjaga-jaga bawalah kaca mata.

Jika bisa yang anti ultraviolet. Selain itu tentunya bisa memberikan kesan gagah atau cantik. Menyelam sambil minum air jahe ceritanya.


4. Jas Hujan.

Jas hujan kebanyakan dianggap remeh kegunaannya. Padahal jika terjadi turun hujan di tempat wisata, apalagi di pegunungan pasti akan repot jika barang ini tidak ada.

Maka demi kenyamanan, bawa jas hujan. Minimal untuk melindungi barang bawaan semisal pakaian kering dan gadget.

Jangan membayangkan jas hujan yang berat, cukup yang terbuat dari plastik kresek. Ringan dan tidak memakan tempat. Itu sudah lebih dari cukup.

Kembali ke Daftar Isi

5. Obat-Obatan.

Jangan berpikir "nanti bisa beli di sana". Iya kalau obat-obatan ini diperlukan hanya ketika sudah tiba di tempat wisata tujuan. Misal kalo sedang dalam perjalanan ada yang sakit, pastinya akan membuat terganggunya perjalanan.

Jika memakai mobil, siapkan di laci pinggir pintu. Atau di keranjang belakang jok. Kapanpun dibutuhkan sudah siap tersedia. Obat masuk angin, obat pusing, obat mabuk perjalanan. Dan tentunya P3K lebih afdol untuk dibawa.


6. Sarapan Sebelum Wisata.

Ingat, sebelum semua hal dilakukan, maka sarapan adalah hal pertama yang harus dikerjakan. Urusan angkat barang bawaan untuk keperluan perjalanan adalah urusan nomor dua. 

Lupa atau mengabaikan sarapan ibarat bawa motor lupa ngisi bensin. Masalah demi masalah bisa timbul karenanya. Jangan dianggap remeh. Ini poin penting pada Hal-hal yang harus diperhatikan saat wisata.
Kembali ke Daftar Isi

7. Sunblock.

Lotion sunblock adalah wajib hukumnya. Ingat, cuaca yang cerah, pemandangan yang indah terkadang melenakan kita akan bahayanya sinar matahari apalagi jika tujuan wisata kita adalah laut.

Bermain-main di laut itu bisa sangat menipu. Badan terasa dingin karena kita berendam atau terkena air laut. Lupa, bahwa sengatan matahari terus menerus menerpa tubuh.

Biasanya baru tersadar ketika pulang, wajah dan badan terasa perih karena terbakar sinar matahari.


8. Sandal Gunung.

Walau namanya sandal gunung, namun fungsinya bisa digunakan di mana saja. Jelas jika kita kita mengunjungi danau atau air terjun, sandal gunung mencegah resiko terpeleset dari jalan yang licin.

Namun jelas juga jika sandal gunung mencegah kaki kita dari runcingnya benda laut. Semisal karang, kerang dan makhluk laut yang tidak kita sadari akan terinjak.

Kembali ke Daftar Isi

9. Peluit.

Jika membawa anak kecil saat wisata, benda ini jangan dianggap enteng kegunaannya. Kalungkan benda tersebut di leher mereka.

Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan mereka bisa meniupnya. Seperti tersesat atau terbawa arus.

Apalagi jika terjadi bencana. Jangan berpikir, gadget bisa mewakilinya. Iyah kalau berfungsi, tidak hilang atau dicuri.

Kalau sial, apa yang bisa dipakai sebagai gantinya. Maka di sinilah kegunaan peluit itu. Jadul tapi mantul.


10. Jalur Selamat.

Jika sudah tiba di tempat wisata, amati jalur untuk kita menyelamatkan diri. Beri tahu keluarga atau teman ke mana harus bergerak jika ada sesuatu yang tidak diinginkan. Hal ini mencegah kepanikan yang berujung celaka.

Banyak kasus kecelakaan disebabkan oleh kepanikan, bertabrakan hingga tumpang tindih menyebabkan badan jatuh dan terinjak-injak.

Oleh karena itu untuk mencegah ini terjadi, siapkan jalan evakuasi dan tempat yang dirasa aman untuk kita ketika terjadi hal-hal tak terduga seperti datangnya bencana alam.

Satu lagi, tentukan arah utara dan selatan. Mencegah kita tersesat di jalan. Ambil patokan semisal pohon, gunung di kejauhan atau sesuatu yang bisa kita jadikan pegangan untuk menentukan arah kita pulang. Kalau perlu belajar tentang letak bintang utara di langit.

Kembali ke Daftar Isi

11. Jangan Anggap Enteng Laut.

Kita terkadang merasa percaya diri bisa berenang. Maka menganggap enteng air laut saat wisata. Jangan. Arus laut itu tidak mudah ditebak.

Bisa jadi tenang di atas, deras di bawah. Tarikan arus di sisi ini belum tentu sama dengan tarikan arus  di sebelah sana.

Maka tak heran jika musim liburan tiba tak sedikit kita dengar ada yang tenggelam di pantai. Hal ini terjadi karena menganggap enteng air laut!


12. Kantung Kresek.

Kelihatannya benda ini terlihat sepele. Namun ketika baju sudah terlanjur basah, baru kita sadari bahwa benda ini mesti disiapkan sebelumnya saat hendak wisata.

Atau ketika mau buang sampah plastik, eh tidak ada tempatnya. Dibuang dosa, dibawa malah membuat kotor barang lainnya. Oleh karena itu persiapkan di kantong kita benda yang satu ini. Wisata lancar, dosa terhindar.

Kembali ke Daftar Isi


Jika dirangkum dalam tabel, Hal-hal yang harus Diperhatikan Saat Wisata adalah sebagai berikut:
No Hal yang Harus Diperhatikan
1 Memperhatikan Perkiraan Cuaca
2 Membawa Topi
3 Membawa Kaca Mata
4 Menyiapkan Jas Hujan
5 Persiapan Obat-obatan
6 Jangan Lupa Sarapan
7 Membawa Sunblock
8 Membawa Sandal Gunung
9 Membawa Peluit
10 Memperhatikan dan Menyiapkan Jalan Selamat
11 Jangan Anggap Enteng Laut
12 Membawa Kantung Kresek

Baca juga:

Demikian hal-hal yang harus diperhatikan saat wisata agar kita nyaman dalam perjalanan liburan kita. Semoga adi informasi atau ilmu yang bermanfaat. Salam hangat.
LihatTutupKomentar