-->

9 Tips Mengatasi Insomnia agar Cepat Tidur

Ingin cepat tidur atau punya penyakit Insomnia? Ikuti Cara cepat tidur malam hari ini untuk mengatasinya
Tidur merupakan suatu kebutuhan disamping sebagai suatu perlindungan dari tubuh untuk menghindarkan pengaruh yang merugikan.

Ketika tidur, saraf parasimpatik aktivitasnya dipertinggi dengan proses penyempitan pupil mata, pernafasan diperlambat, sirkulasi darah dan kerja pencernaan juga diperlambat.

Tujuannya adalah mengistirahatkan organ-organ tubuh setelah bekerja beberapa lama serta mengumpulkan energi dan pemulihan tenaga yang baru.

9 Tips Cara Mengatasi Insomnia agar Cepat Tidur

Tingkatan tidur tiap orang berbeda-beda. Ada yang nempel bantal langsung jatuh mimpi. Ada juga yang butuh beberapa lama baru bisa terlelap dalam mimpi.

Biasanya hal ini disebabkan oleh kondisi fisik dan psikis seseorang. Jika badan dan jiwanya sehat, tentunya orang itu akan mudah tertidur.

Kondisi fisik dan psikis biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal. Misalnya faktor profesi dan lingkungan.

Pekerja kasar tentu berbeda dengan pekerja kantoran. Cuaca panas pasti berbeda dengan cuaca yang dingin.

Susah tidur merupakan hal yang terkadang membuat kita menjadi kesal. Apalagi untuk orang yang mengalami penyakit insomnia tentunya lebih mengganggu.

Disaat orang lain terlelap, penderita insomnia malah terjaga. Dicoba untuk tidur tidak bisa. Mau ngobrol dengan teman tidak ada. Sungguh kasihan.

Cara cepat tidur

Nah di sini kita akan mencoba membedah semua hal yang berkaitan dengan faktor-faktor susah tidur tersebut.

Semoga ada solusi yang dapat diambil sebagai cara mengatasi susah tidur ataupun untuk menyembuhkan penyakit insomnia.

A. Masalah dari Insomnia

Kita mulai dengan membahas latar belakang dari keadaan susah tidur. Jadi kita bisa mengira-ngira kenapa saat ini kita susah merem.

1. Stress.

Stress milik semua orang. Tak perduli anak kecil atau dewasa. Pria atau wanita. Pekerja kantoran atau kuli bangunan.

Ketika masalah stress melanda pikiran dan kemudian dibawa ke pembaringan, inilah saatnya susah tidur melanda.

Jadi jika kita ingin cepat tidur, selesaikan terlebih dahulu semua hal yang mengganggu pikiran. Jika tidak bisa, lupakan dulu tidak usah dipikirkan.

Susah tidur justru datang ketika otak dan pikiran kita bekerja terus. Sedangkan tidur adalah kondisi yang membutuhkan ketenangan semua organ-organ tubuh.

Bagaimana mau tidur, jika otak dan pikiran tidak rileks.

Karena itu, simpan dahulu semua yang menjadi beban pikiran kita. Niatkan bahwa besok urusan akan diselesaikan. Saat ini adalah saat untuk memejamkan mata. Titik.

2. Penyakit.

Faktor susah tidur lainnya adalah penyakit. Khususnya rasa nyeri yang timbul. Semalaman kita merasakan keadaan sakit yang tidak mereda. Contoh kecilnya adalah sakit gigi dan batuk.

Sesekali kita bisa tertidur. Namun seperti iklan saja. Hanya sebentar kita terjaga lagi. Tubuh kembali bereaksi terhadap penyakit yang ada.

Untuk masalah ini, kita tidak bisa berharap banyak agar cepat tidur. Karena tergantung pada obat dan dokter.

Jika obatnya memberikan kenyamanan dan penahan rasa sakit yang bagus. Tentunya bisa memberikan kita tidur.

B. Tidur Siang.

Jika malam ini kita sedang gelisah susah memejamkan mata maka ingat-ingat apakah tadi siang kita tidur? Jika iya, berarti hal ini yang menyebabkan kita masih melek.

Seandainya kita punya kebiasaan sulit tidur malam dan siangnya sering tidur berarti kita merubah kebiasaan itu. Simpanlah tidur siang kita untuk dihabiskan nanti malam.

C. Olahraga Membantu Cara Cepat Tidur.

Semua orang tahu bahwa olahraga menyehatkan badan. Dan seperti dikatakan sebelumnya bahwa kondisi sehatnya badan mempengaruhi kecepatan tidur kita.

Oleh karena itu jika beberapa hari ini kita mengalami susah tidur berarti saatnya kita untuk berolahraga. Jalan-jalan dipagi hari misalnya sambil nyari jajanan untuk sarapan.

Apalagi untuk anak muda. Siapa tahu bertemu ibu-ibu. Tentunya yang disasar adalah anaknya yang cantik dan ganteng. Biar olahraganya tidak terlalu serius. Wew ah.

Itu tadi olahraga yang normal. Sekarang kita bicara tentang olahraga dadakan. Olahraga tersebut dilakukan karena saat ini kita akan tidur.

Cobalah ke luar rumah. Pakailah sweater agar keringat cepat keluar. Kemudian kita jalan-jalan mengelilingi komplek. Lumayan sambil ngeronda.

Jika sudah dapat keringat baru kita pulang. Kemudian basuh badan kita dengan air setelah keringat mengering.

Sambil mencoba membuat badan menjadi tenang. Bagi yang tidak punya AC, bisa ditambah dengan kipas-kipas jika cuaca panas.

Kita kan wanita masa mau meronda? Gampang, tinggal olahraga ringan saja di tempat. Misal senam, sit up atau nari mengikuti irama lagu. Jangan dibuat susah yah.

Badan sedikit lelah namun syaraf-syaraf dalam kondisi tenang biasanya membawa kita untuk cepat tertidur

D. Makanan dan Minuman 

Jangan lupakan bahwa faktor makanan dan minuman bisa jadi punya pengaruh bagi kita untuk cepat tidur

1. Sate Kambing.

Hindari makanan ini pada saat makan malam jika hormon libido kita mudah bereaksi terhadapnya. Apalagi jika kita belum punya saluran yang tepat. Bisa-bisa melamun terus.

Sebetulnya tak hanya sate kambing saja. Jika ada makanan yang menurut kita membuat libido naik maka hindari agar cepat tidur.

2. Kangkung.

Ini adalah makanan legendaris yang membuat kita cepat mengantuk dan tidur nyenyak. Semua orang sudah mengetahuinya.

Maka, tak ada salahnya disaat kita susah tidur, cobalah mengkonsumsi makanan ini. Gampang membuatnya. Tinggal rebus sebentar, beres.

Tambahkan saus atau apapun bentuk makanannya yang dirasa bisa dijadikan teman agar cemilan ini lebih enak dikonsumsi.

3. Hindari Kopi.

Minuman ini adalah kebalikannya. Kangkung menyebabkan cepat mengantuk yang ini malah menunda kantuk.

Sepertinya tips agar cepat tidur ini tidak perlu dibahas panjang-panjang. Dicantumkan hanya untuk mengingatkan saja. Lanjut.

E. Tontonan Musuh Insomnia

Jangan anggap sepele tontonan yang kita pilih saat waktu mau tidur. Memilih tontonan yang beresiko bisa jadi membuat kita sulit tidur.

Contohnya tontonan yang beresiko adalah sinetron yang penuh konflik. Dimana kita terbawa hanyut dalam konflik itu. Bisa jadi cerita itu terbawa ke tempat tidur.

Lalu resiko tontonan lainnya adalah film horror. Apalagi bagi kita yang penakut. Bisa membuat terbayang-terbayang hingga menyebabkan gelisah. Tentunya ini menghambat usaha kita agar cepat tidur.

Kemudian tayangan 'dewasa'. Khususnya bagi bujangan. Bisa-bisa terbayang terus semalaman.

Hal ini sangat beresiko. Selain resiko susah tidur, juga resiko dosa. Rugi dua kali ini mah ceritanya.

F. Cara Cepat Tidur dengan Imajinasi.

Pernah nonton film yang ada adegan dimana anak kecil mau tidur disuruh untuk menghitung jumlah kambing sambil membayangkannya. Bisa kita coba untuk mengikuti tips tersebut.

Nah kalau trik agar cepat tidur dalam artikel ini adalah sebagai berikut.
  • Pertama, buatlah tenang seluruh syaraf kita. 
  • Kedua, setelah dirasa tenang bayangkan kita sedang terbang.

Pilihlah tempat tujuan imajinasi kita. Misalnya laut atau gunung. Bayangkan bahwa kita sedang melayang-layang sambil menikmati pemandangan yang terlihat nyata. Lakukan sampai kita tertidur nyenyak.

G. Teknik Pernapasan 

Tips dan trik agar cepat tidur lainnya adalah mengatur ritme pernafasan. Tarik perlahan, keluarkan perlahan.

Bisa memakai pola hitungan atau pola bebas. Yang penting teratur. Hingga menyebabkan kondisi dan syaraf menjadi tenang.

H. Terapi Pijat 

Sambil menunggu datangnya ngantuk cobalah lakukan terapi berikut. Pijat bagian pertemuan antara tulang ibu jari dan telunjuk.

Pijat juga pergelangan tangan dan telinga. Carilah titik-titik yang sakit. Tekan dengan jempol atau telunjuk hingga rasa sakit berangsur angsur hilang atau terasa lemas.

Bisa juga pijat di bagian sekitar pusar. Sama, carilah titik nyerinya. Tekan dan putar hingga rasa nyeri menghilang.

Jika semua dilakukan dengan sungguh-suguh maka tujuan agar cepat tidur bisa terwujud dan penyakit insomnia bisa disembuhkan.

I. Dzikir.

Bagi orang Islam selain mengikuti cara cepat tidur di atas juga dengan melakukan hal-hal dan amalan sebagai berikut.
  • Wudhu sebelum tidur.
  • Berdoa sesuai sunah rasul. 
  • Kemudian dilanjutkan dengan berdzikir secara khusyu.

Baca juga: Kisah Ajaib Bertemu 3 Orang Unik

Demikian bahasan 9 Tips Cara Mengatasi Insomnia agar Cepat Tidur Malam Hari ini. Semoga bisa membantu masalah susah tidur yang sedang pembaca alami dan membuat anda tidur nyenyak. Aamiin.
LihatTutupKomentar